Head first Java



   

  HAII Perkenalkan Nama Saya Dimas Hermawan  Saya Tinggal di Kota Banjar Tepatnya di Lingkungan Ciaren.


 Saya sekolah  di SMK 1 BANJAR, 

kelas X PPLG 2,








ARTIKEL_1




PENGETAHUAN UMUM TENTANG KOMPUTER


Komputer : Serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang saling bekerjasama, membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat di gunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis berdasarkan instruksi ataupun program di berikan kepadanya.

Elemen-elemen dari komputer :

Hardware : Perangkat keras, perangkat-perangkat yang dapat dilihat, diraba wujudnya.

Contoh : Monitor, Mouse, Keyboard, CPU, Printer, dll.

Software : Perangkat lunak, perangkat yang tidak dapat dilihat dan di raba wujudnya.

Contoh : Applikasi, Operasional Sistem.

Brainware : Para pengguna komputer, seperti programmer, Desainer, dll.

ARTIKEL_2






PENGETAHUAN KOMPUTER TERKAIT MATERI JURUSAN


PPLG adalah singkatan dari Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim dan merupakan sebuah jurusan yang ada di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). PPLG adalah sebuah jurusan yang mempelajari dan mendalami semua cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembangan perangkat lunak dan manajemen kualitas.

Bukan hanya itu, PPLG juga berkaitan dengan software komputer mulai dari pembuatan website, aplikasi, game dan semua yang berkaitan dengan pemrograman dengan menguasai bahasa pemrograman tersebut. Intinya RPL tidak akan jauh-jauh dari tiga hal yaitu Coding, Desain dan Algoritma yang akan menjadi kunci keberhasilan rekayasa perangkat lunak tersebut.

Keunggulan Jurusan PPLG
1. Mampu bekerja di berbagai bidang karena sudah dibekali dengan berbagai ilmu dan pengetahuan.
2. Dalam melakukan kerja lapangan akan lebih mudah karena saat pembelajaran sudah sering melakukan kerja praktek.
3. Pekerjaan nya yang relatif mudah dan santai, dapat dikerjakan dimanapun dan kapanpun menggunakan koneksi tentunya.
4. Lebih terdepan dari jurusan lainnya dan orang awam diluar sana karena jurusan PPLG lebih mengerti dan mendalami berbagai teknologi.
5. Mampu memasang sebuah PC.
6. Mengerti akan fungsi dari komponen komputer.

Apa Saja Yang Dipelajari Di Jurusan PPLG?
Sebetulnya PPLG (Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim) itu Gampang ! tidak jauh jauh sama 3 hal ini yaitu:
1. Coding
2. Desain
3. Algoritma
Didalam Coding, Desain dan Algoritma tersebut masih ada Point-Point penting PPLG (Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim).

Jurusan PPLG Kerja Apa?
Banyak yang tanya jurusan PPLG itu nanti kalau lulus bisa kerja apa? apa saja lowongan kerja lulusan SMK jurusan PPLG. Berikut daftar peluang kerja jurusan PPLG:

1. Konversi Desain ke WordPress
Merupakan pekerjaan yang berperan untuk anda agar mampu memenuhi kebutuhan klien salah satunya mengubah hasil desain baik menggunakan photoshop, figma, maupun adobe xd menjadi file wordpress.

2. Developer IT
Merupakan pekerjaan yang mengharuskan anda dapat mengembangkan perangkat lunak dengan memenuhi kebutuhan klien. Seperti perangkat lunak untuk pendidikan, bisnis, hiburan games, telekomunikasi dll.

3. Programmer
Membuat program sebagau perangkat lunak dari komputeer untuk memudahkan fungsi tertentu. Programmer dapat bekerja di segala bidang baik industri, pertelevisan, perbankan, media. Jadi peluang kerja jurusan rpl sangat banyak.

4. IT colsultant
Anda bisa bekerja sebagai IT consultant yang beperan dalam perencanaan dan pengevaluasian penerapan IT pada sebuah organisasi. Jadi lowongan kerja smk jurusan rpl banyak, tinggal anda mencari informasinya.

5. System Analyst dan system integrator
Yang nantinya anda harus berperan dalam melakukan analisis terhadap sistem atau program yang berbasis teknologi dan informasi dalam suatu perusahaan dan membuat solusi yang integrasi dan memanfaatkan perangkat lunak. Ini menjadi salah satu peluang kerja lulusan smk jurusan rpl.

6. Database engineer / database administrator
Berperan dalam perencanaan pemeliharaan basis data (termasuk data warehouse)

7. Web engineer
Bertugas merancang dan membangun website beserta layanan dan fasilitas berjalan di atasnya dan bertanggung jawab dalam pemeliharaan website dan mengembangkannya

8. Game developer
Anda diharuskan dapat mengembangkan perangkat lunak multimedia game dan

9. Intellegent system developer
Mengembangkan perangkat lunak yang intelegen seperti sistem pakar, image recognizer dll.

10. Software tester
Anda diharuskan dapat berperan khusus sebagai penguji perangkat lunak dan bertanggung jawab atas kebenaran fungsi dari perangkat lunak maupun dari sistem.

Hai Ada Materi Yang Menarik Nih Tentang  HEAD FIRS JAVA   Contoh diBawah ini Materinya.


       APA ITU HEAD FIRS JAVA??

"Head First Java" Adalah buku yang merupakan panduan yang menyenangkan untuk belajar pemrograman menggunakan bahasa Java.

  
METODE PEMBELAJARAN APAKAH YANG ADA DI DALAM BUKU INI ?

Pertama-tama dan yang paling utama buku ini menggunakan metode pembelajaran yang interaktif dan visual, serta mencakup konsep dasar pemrograman seperti objek, kelas, metode, dan antarmuka.

   Apa itu pembelajaran INTERAKTIF: 

pembelajaran interaktif merupakan salah satu strategi pembelajaran yang mengutamakan aktivitas diskusi antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa, siswa dengan lingkungan.

 

    Apa itu pembelajaran Visual:

Belajar Visual adalah proses pembelajaran yang mengandalkan pengelihatan sebagai penerima informasi dan pengetahuan. Seseorang yang memiliki gaya belajar visual akan mudah menerima gagasan, konsep, data dan informasi yang dikemas dalam bentuk gambar.

ARTIKEL_3











Komentar